Menjual Diri dalam Surat Lamaran Kerja bagian 2




ISI SURAT LAMARAN KERJA

Pembaca yang budiman! Sebelum membahas lebih dalam apa itu isi surat lamaran kerja, kita perlu memperjelas terlebih dahulu antara isi surat lamaran kerja dan sistematika surat lamaran kerja. Terkadang, pembaca dibuat bingung dengan kata isi dan istilah sistematika. Sebab, keduanya sulit untuk dipisahkan. Akan tetapi,  pembaca yang budiman, Anda pasti akan segera mengetahui melalui penjelasan berikut ini.
Pertanyaannya, apa itu isi surat lamaran kerja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus menjawab terlebih dahulu pertanyaan berikut. Berdasarkan tujuan penulisan teks (narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan argumentasi), surat lamaran kerja masuk pada kategori teks apa?
Perlu diketahui bahwa surat lamaran kerja termasuk pada kategori teks eksposisi. Teks eksposisi sendiri bermakna sebagai teks yang berisi paragraf atau karangan yang di dalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya mudah untuk dipahami. Paragraf atau teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks nonfiksi (Sumber: http://materi4belajar.blogspot.com/2016/09/teks-eksposisi-pengertian-jenis.html).
Lalu, mengapa surat lamaran kerja dimasukkan dalam kategori teks eksposisi? Pengategorian surat lamaran kerja sebagai teks eksposisi berkaitan dengan tujuan penulisan surat lamaran kerja itu sendiri. Kemudian, apa sebenarnya tujuan penulisan surat lamaran kerja? Tujuan penulisan surat lamaran kerja adalah permohonan pelamar kerja kepada pimpinan instansi atau lembaga tertentu sebagai penyedia pekerjaan agar diterima sebagai karyawan/orang yang dikaryakan pada instansi atau lembaga tersebut. Untuk menguatkan permohonan tersebut, pelamar kerja tentu saja harus memberikan informasi awal yang bersifat umum tentang dirinya berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Setelah informasi tersebut disajikan, pelamar kerja mengajukan argumentasi yang kuat untuk meyakinkan pimpinan lembaga atau instansi bahwa pelamar kerja tersebut adalah orang yang tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.
Setelah memahami mengapa surat lamaran kerja dikategorikan sebagai teks eksposisi, pertanyaan yang muncul kemudian adalah apa saja struktur teks eksposisi. Struktur teks eksposisi dibagi dalam tiga bagian besar, yakni:
1.      pernyataan umum (tesis);
2.      argumentasi; dan
3.      penegasan ulang.
Untuk kejelasan bagian-bagian ini berdasarkan teks surat lamaran kerja, pembaca yang budiman dapat men-download di sini.



Adapun sistematika surat lamaran kerja lebih mengarah pada bagian-bagian terkecil dibanding dengan sistematika teks eksposisi secara umum. Materi sistematika atau struktur surat lamaran kerja dapat pembaca yang budiman lihat pada bindo-ok.blogspot.com yang berjudul “Menjual Diri dalam Surat Lamaran Kerja bagian 3”.
Terima kasih atas waktu luang pembaca yang budiman untuk membaca tulisan ini. Wassalam ....

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Informasi dlam Teks Editorial 1

Mengidentifikasi Informasi dalam Cerita Sejarah 1

Mengonstruksi Nilai-Nilai dalam Teks Cerita Sejarah 2