Rangkuman Materi Surat Lamaran Kerja



RANGKUMAN MATERI SURAT LAMARAN KERJA


1.      Inti surat lamaran kerja adalah sebuah bentuk promosi diri seorang pelamar. Bentuk promosi tersebut harus dijelaskan secara formal melalui bahasa yang impresif (dapat memberi atau meninggalkan kesan yang mendalam; mengharukan; dan mengesankan).
2.      Struktur surat lamaran kerja sama dengan teks eksposisi, yaitu pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang. Pernyataan umum berisi informasi awalyang dikemukakan pelamar yang berhubungan dengan pekerjaanyang akan dilamar. Argumentasi disajikan untuk meyakinkan orang yang membaca surat lamaran tersebut bahwa pelamar dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Sementara itu, bagian penegasan ulang berisi penjelasan kembali atas tesis yang disampaikan yang didasarkan pada fakta-fakta yang telah dijabarkan penulis pada bagian argumentasi.
3.      Surat lamaran terdiri atas beberapa unsur, yaitu tempat dan tanggal penulisan surat, lampiran surat, hal surat, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi surat, penutup surat, salam penutup, serta nama dan tanda tangan jelas pelamar. Bagian isi surat merinci beberapa hal yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, kualifikasi pendidikan, nomor yang bisa dihubungi, alamat lengkap dan beberapa hal yang penting untuk dilampirkan berupa fotokopi KTP, pasfoto, fotokopi ijazah, sertifikat, surat pengalaman kerja, surat kesehatan, dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
4.      Sistematika surat lamaran kerja dimulai dengan penulisan tempat dan tanggal penulisan surat, lampiran surat, hal surat, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi surat, penutup surat, salam penutup, serta nama dan tanda tangan jelas pelamar.
5.      Aspek kebahasaan surat lamaran kerja meliputi diksi, penggunaan sapaan, pemakaian rincian, serta penempatan ejaan dan tanda baca.

Soal uji materi surat lamaran kerja download di sini

Latihan soal dan pembahasan dapat diunduh di sini

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Informasi dlam Teks Editorial 1

Mengidentifikasi Informasi dalam Cerita Sejarah 1

Mengonstruksi Nilai-Nilai dalam Teks Cerita Sejarah 2